Efek Negatif Minum Air Es Setiap Hari

Apa sih efek buruk dari minum air dingin setiap hari? Bagi yang tinggal di daerah tropis, sepertinya minuman dingin seperti es jeruk maupun es teh menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan dahaga di cuaca yang panas. Sehingga setiap selesai makan, rasanya kurang kalau tidak menyeruput minuman yang dingin. Kebiasaan meminum minuman dingin ini bisa menjadi pola hidup yang harus dituruti jika sudah terbiasa. Bahkan ada yang sampai kecanduan hingga tidak merasa segar dan lega kalau belum minum air es yang dingin. Namun taukah anda bahwa sebenarnya ada efek negatif dibalik minuman dingin yang terasa segar dan sangat nikmat jika diminum di hari yang panas dan setelah makan ini?

Dampak negatif minum air dingin


Dampak negatif dari minum air es setiap hari diantaranya yaitu:


Minum air es membuat lemak di perut menebal

Air dingin tidak langsung dapat diserap oleh tubuh karena harus melalui proses penghangatan. Tidak seperti makanan pada pada umumnya yang mengalami proses penghangatan dengan dikunyah. Ingat bahwa pada dasarnya tubuh manusia adalah panas. Karena itu air dingin yang diminum harus dihangatkan dahulu lewat pencernaan. Saluran pencernaan yang berperan penting dalam penghangatan ini adalah lambung. Perlu diketahui juga bahwa lemak yang terdapat pada perut berperan dalam penghangatan suhu dalam perut. Sehingga jika mengkonsumsi air dingin terus menerus dan setiap hari, maka lemak di perut akan semakin dipertebal agar proses penghangatan dalam perut lebih maksimal. Sehingga akibatnya perut terlihat buncit dan berlemak.

Minum air es membuat kembung

Pada dasarnya ketika minum dingin, ternggorokan dan saluran pencernaan akan kaget. Terutama jika dalam keadaan panas dan terik, ditambah perut sedang kosong, akan terjadi kekagetan pada perut sehingga syaraf-syaraf pada dinding perut akan mengerut. Setelah itu enzim pada lambung akan bereaksi dengan cepat. Akibatnya perut bisa kram dan kejang sehingga timbul gas yang akan membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Selain itu minum air dingin utamanya setelah makan dapat membuat saluran pencernaan mengecil karena lemak pada usus menebal akibat proses penghangatan minuman yang masuk ke dalam perut. Sehingga proses pencernaan menjadi lambat. Selain itu, jika setelah makan makanan berminyak kemudian minum air dingin, yang terjadi adalah lemak akan membeku dan menumpuk di usus.
Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa minuman dingin yang terasa sangat menyegarkan merupakan gaya hidup yang kurang sehat, terutama jika dikonsumsi setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat :)

0 Response to "Efek Negatif Minum Air Es Setiap Hari"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme